Macam-Macam Flange Besi untuk Sambungan Pipa

Flange besi adalah komponen kunci dalam sistem pipa yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih pipa atau peralatan. Mereka juga digunakan untuk menghubungkan pipa dengan peralatan lain, seperti katup, pompa, dan tangki. Flange hadir dalam berbagai jenis dan spesifikasi, yang dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan konstruksi dan industri. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa macam flange besi yang umum digunakan untuk sambungan pipa.

Lihat juga: Distributor Pipa Seamless

  1. Flange Slip-On (SO)
    Flange Slip-On adalah jenis flange yang paling umum digunakan. Mereka memiliki lubang tengah yang cocok untuk pipa dan dapat dengan mudah dipasangkan dengan pipa dengan las atau baut. Flange SO memiliki dua wajah datar, satu untuk pipa dan satu untuk peralatan yang akan dihubungkan. Mereka cocok untuk sistem tekanan rendah hingga menengah dan aplikasi suhu rendah hingga menengah.
  2. Flange Weld Neck (WN)
    Flange Weld Neck memiliki leher yang membentuk sambungan berlapis antara flange dan pipa. Ini menawarkan kekuatan ekstra dan digunakan dalam aplikasi di mana ketahanan terhadap tekanan tinggi dan suhu tinggi diperlukan. Mereka biasanya digunakan dalam industri minyak dan gas, kimia, dan pembangkit listrik.
  3. Flange Blind (BL)
    Flange Blind adalah flange dengan wajah datar dan tidak memiliki lubang tengah. Mereka digunakan untuk menutup ujung pipa atau saluran, membuat mereka ideal untuk situasi di mana inspeksi, pemeliharaan, atau perubahan nantinya diperlukan. Flange Blind dipasangkan dengan baut untuk menutup pipa atau peralatan yang tidak aktif.
  4. Flange Lap Joint (LJ)
    Flange Lap Joint memiliki lubang tengah dengan cincin yang menonjol, yang memungkinkan mereka untuk bersifat putar. Mereka sering digunakan dalam aplikasi di mana pemisahan pipa dari peralatan diperlukan. Flange LJ dipasangkan dengan pipa menggunakan cincin penggabung yang terbuat dari baja karbon atau baja tahan karat.
  5. Flange Threaded (TH)
    Flange Threaded memiliki lubang benang di sekitar lubang tengah, yang memungkinkan mereka untuk dipasangkan dengan pipa yang memiliki benang. Mereka sangat cocok untuk sistem pipa berukuran kecil hingga menengah dengan tekanan rendah hingga sedang. Penggunaan flange threaded mengurangi kebutuhan pengelasan atau baut.
  6. Flange Socket Weld (SW)
    Flange Socket Weld memiliki cincin dalam yang cocok untuk ujung pipa yang dilas di dalamnya. Mereka biasanya digunakan dalam aplikasi di mana kekuatan dan kekakuan diperlukan, terutama dalam sistem pipa kecil hingga menengah.

Cek Juga: Daftar Harga Flange Besi

Ketika memilih flange besi untuk sambungan pipa, penting untuk mempertimbangkan faktor seperti jenis pipa, tekanan kerja, suhu, dan lingkungan aplikasi. Setiap jenis flange memiliki keunggulan dan batasan sendiri, dan pemilihan yang tepat akan memastikan kehandalan dan keselamatan sistem pipa Anda. Dengan pemahaman yang tepat tentang macam-macam flange besi yang tersedia, Anda dapat membuat pilihan yang cerdas dalam proyek konstruksi dan perawatan pipa Anda.

Kunjungi Juga: Jual Pipa Stainless