Komponen-Komponen Mesin Fotocopy beserta Fungsinya

Apabila Anda memiliki mesin fotocopy, baik berupa Xerox, Agfa, Canon, Konica Minolta ataupun yang lainnya, tentu yang patut kita amati adalah mengenal dan memahami komponen-komponen mesin fotocopy dan fungsinya tersebut. Bagian ini tentu sungguh sangat penting agar disaat mesin fotocopy mengalami kerusakan atau error, dengan begitu Anda dapat lebih tanggap untuk memperbaiki kerusakan pada mesin fotocopy tersebut.

Untuk Anda yang ingin mengenal komponen-komponen pada mesin fotocopy, berikut kami sajikan ulasannya:

1. Lampu Scanner
Bagian ini terletak pada permukaan komponen atas kaca, dimana fungsinya untuk mengerjakan scan dokumen atau memindahkan dokumen yang telah disalin. Disaat lampu scanner tersebut menyala, sebaiknya tidak dilihat secara langsung karena dapat mengakibatkan kerusakan pada mata. Hal ini dikarenakan cahaya pada lampu scanner sendiri tergolong cahaya ultraviolet, sebagai cahaya yang membahayakan kesehatan mata.

Simak Juga: Harga Mesin Foto Copy

2. ADF (Automatic Document Feeder)
Komponen-komponen mesin fotocopy dan fungsi selanjutnya adalah ADF, dimana bagian ini terletak di atas mesin. Adapun fungsi ADF ini adalah sebagai penutup fotocopy, dan juga menyalin berkas dengan otomatis sehingga tidak perlu menyalin dokumen satu per satu kembali.

3. Korona Atas
Bagian pada mesin fotocopy yang berupa Korona Atas ini berada di unit drum, berfungsi membersihkan keseimbangan pada drum disaat drum menyalin gambar.

4. Korona Bawah
Komponen mesin fotocopy yang satu ini terletak pada unit pemanas serta berfungsi mengatur keseimbangan pada jalannya kertas disaat melewati area drum. Adapun untuk perawatan korona bawah ini, direkomendasikan untuk dibersihkan dengan rutin dan sebaiknya setiap hari dibersihkan terlebih jika seandainya mesin ini sangat sering digunakan. Adapun tujuan utamnya agar hasil cetak dari fotocopy menjadi lebih baik.

Cek Juga: Harga Mesin Fotocopy Canon

5. Stack Bypaass
Komponen dalam mesin fotocopy ini terletak dibagian samping, yang berfungsi sebagai jalur cepat pengcopyan.

6. Kaset Kertas
Terletak dibawah mesin fotocopy, berfungsi menampung kertas untuk difotokopi. Dimana sebaiknya disaat mengisi kertas direkomendasikan mengisinya secara perlahan-perlahan karena komponen tersebut mudah sekali patah.

7. Drum
Drum berfungsi mencetak gambar dari pantulan proyeksi yang dihasilkan. Di antara komponen yang terdapat pada mesin fotocopy sendiri, drum merupakan komponen termahal dimana harganya menempuh 8 jutaan setiap unitnya. Maka dari itu, Anda sebaiknya berhati-hati dalam menggunakannya. Adapun ciri-ciri untuk mengukur drum yang baik kualitasnya yaitu jika seandainya sedang mencetak warna hitam jika hasilnya terdapat full hitam atau tidak terdapat bintik-bintik berwarna putih maka itulah kualitas yang baik.

8. Cleaning Blade
Komponen-komponen mesin fotocopy dan fungsinya selanjutnya adalah cleaning blade yang terletak di unit drum berfungsi membersihkan seluruh sisa dari tinta atau toner yang merekat pada permukaan drum. Apabila cleaning blade sendiri telah bocor, maka hasil dari fotocopy akan terdapat garis-garis berwarna hitam panjang.

Kunjungi Juga: Paket Usaha Fotocopy

9. Heater
Heater atau pemanas sendiri terletak pada unit 1 berfungsi untuk mengepres setiap hasil fotocopy agar hasil yang diperoleh tidak luntur. Anda juga patut berhati-hati dengan komponen ini karena ada lower dan upper roll dengan temperatur yang sangat panas, jika disentuh maka akan mengakibatkan cedera pada tangan yang menyentuh.

10. Developing
Fungsi komponen ini adalah menampung tinta atau toner yang masuk menuju area drum. Anda harus berhati-hati disaar memasukkan komponen-komponen ini karena letaknya berdampingan bersama drum. Bagian hal tersebut untuk mencegah kontak fisik yang terjadi bersama drum, direkomendasikan disaat memasukkannya harus lurus sejajar, dan tidak boleh miring.

Masih banyak sekali komponen-komponen yang terdapat pada mesin fotocopy lainnya yang tidak dapat dibahas satu per satu. Dengan mempelajari seluruh komponen-komponen mesin fotocopy dan fungsinya seperti di atas, tentu kita tidak akan terlalu bingung disaat mengoperasikan mesin fotocopy dan menyelesaikan kerusakan yang terjadi pada mesin fotocopy.

Baca Juga: Harga Mesin Fotocopy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *