Tips Memilih dan Merawat Rompi Safety Agar Awet Digunakan

Cara Memilih Rompi Safety

Dari banyaknya pilihan rompi safety yang ada, memilih salah satu yang paling sesuai dapat menjadi proses yang panjang.

Anda memerlukan pertimbangan yang matang, terlebih lagi jika seandainya akan membeli dalam jumlah besar. Misalkan, membeli untuk kebutuhan satu perusahaan besar dengan ratusan atau ribuan pekerja.

Untuk menolong Anda memilih rompi safety yang pas, pertimbangkan hal-hal di bawah ini.

1. Mengutamakan mutu produk

Pastikan Anda memilih rompi dengan mutu yang baik. Jangan sampai Anda mengesampingkan soal mutu hanya karena ingin hemat biaya. Rompi dibeli untuk masalah keamanan sehingga Anda perlu membeli yang bermutu baik supaya fungsi keamanan yang diinginkan dapat Anda rasakan.

Baca Juga: Kacamata Safety

2. Memastikan material yang dipakai

Dalam memilih produk rompi safety dimana, bahan juga menjadi pertimbangan penting. Pemilihan bahan perlu disesuaikan dengan keperluan. Misalkan, jika seandainya Anda memerlukan yang cukup tebal, Anda dapat memilih rompi safety yang terbuat dari nilon polyester.

3. Memilih format dan ukuran yang sesuai

Selanjutnya yang perlu dipertimbangkan disaat memilih rompi safety adalah bentuk dan ukurannya.

Anda sebaiknya memilih yang sesuai dengan keperluan dan ukuran tubuh pemakainya. Bentuk rompi memang bervariasi, misalnya ada yang berkancing di bagian depan, ada yang tidak.

Untuk ukuran, Anda perlu membeli yang sesuai dengan ukuran masing-masing pekerja.

4. Meneliti spesifikasi rompi

Sebelum menentukan untuk membeli rompi safety, Anda perlu membaca spesifikasinya dengan baik. Cari tahu apakah dengan spesifikasi tersebut, produk bersangkutan sesuai dengan keperluan atau ekspektasi Anda. Dengan memahami spesifikasi, Anda juga dapat jadi tahu mutu seperti apa yang diinginkan dari produk yang dibeli.

 

Kriteria Rompi Safety yang Bagus

Sesudah mengetahui ingin membeli rompi safety sebaiknya yang bermutu, Anda mungkin bertanya-tanya, seperti apa rompi yang bermutu tersebut?

Menjawab rasa ingin tahu Anda, berikut informasi seputar kriteria rompi safety yang baik dan dapat Anda jadikan rujukan sebelum membeli.

1. Kondisi barang sesuai dengan deskripsi spesifikasinya

Kondisi barang yang Anda beli harusnya sesuai dengan apa yang dijanjikan oleh produsen atau penjual

2. Produk tidak mempunyai cacat

Produsen produk tersebut harus menggunakan quality control yang ketat supaya hasil akhir produknya benar-benar sempurna, tanpa ada cacat sama sekali. Produk yang cacat tidak harus dipasarkan di pasaran, terlebih untuk produk peralatan keamanan seperti rompi safety atau rompi keamanan.

3. Jahitan rapi, baik, dan kuat

Seperti halnya pakaian yang Anda dikenakan sehari-hari, rompi safety juga dibuat dengan metode dijahit. Barang yang bagus mempunyai mutu jahitan yang baik, rapi jika dilihat, dan cukup kuat sehingga rompi dapat digunakan dalam waktu lama.

4. Bordir atau tempelan logo ditempelkan dengan bagus

Ini berlaku khusus untuk rompi yang diorder secara khusus dengan adanya tambahan logo perusahaan.

5. Kancing atau ritsleting mempunyai kualitas baik

Tujuannya supaya rompi dapat digunakan dan dilepas kembali berulang kali, tanpa ada permasalahan.

6.Strip berwarna kontras dan cukup memantulkan sinar

Merupakan kriteria penting dalam memilih rompi safety. Jangan memilih produk yang stripnya berwarna terlalu mirip dengan rompi atau yang kurang dapat memantulkan sinar.
Apabila model rompinya berkantong, kantong tersebut tidak boleh mengganggu pemakai rompi

Artinya kantong hal tersebut harusnya mempunyai ukuran dan lokasi yang pas, misalnya di bagian depan bawah.

 

Bahaya Tidak Menerapkan Rompi Keamanan

Sebelumnya sudah diceritakan bahwa rompi safety berguna besar untuk menjaga keamanan pekerja selama berada di zona konstruksi.

Manfaat tersebut bukanlah main-main. Apabila tidak mengenakan safety vest disaat melakukan pekerjaan, orang-orang yang berada di konstruksi dapat terancam bahaya.

Bahaya yang dihadapi pekerja di konstruksi semakin bertambah saat mereka bekerja pada malam hari. Mereka menjadi semakin susah terlihat sehingga risiko kecelakaan kerja di lokasi konstruksi bahkan meningkat.

Karena besarnya risiko inilah, rompi atau baju penghangat safety menjadi peralatan yang wajib ada SOP bagi banyak perusahaan.

 

Cara Merawat Rompi Supaya Awet Digunakan

Seperti halnya peralatan keamanan lain di dalam proses kerja konstruksi bangunan, rompi juga seharusnya dirawat dengan baik supaya dapat tahan lama. Ada beberapa metode perawatan yang baik, misalnya sebagai berikut.

1. Bersihkan rompi secara teratur

Supaya lebih awet, bersihkan rompi setiap kali selesai digunakan. Rompi tersebut digunakan di zona konstruksi yang berdebu, pemakainya juga mungkin berkotor-kotoran selama mengerjakan pekerjaannya.

Belum lagi seandainya pembangunan dikerjakan saat terjadi hujan, rompi tersebut tentunya menjadi semakin kotor. Jik tidak dibersihkan, susah untuk menginginkan rompi safety agar tahan lama.

2. Simpan rompi di tempat kering dan bersih

Sesudah selesai dipakai dan dibersihkan, simpan rompi safety di tempat yang bersih dan kering. Jika sebelumnya rompi berair karena hujan atau dicuci dengan air, keringkan terlebih dahulu sebelum Anda menaruhnya.

3. Lakukan pemeriksaan secara terencana

Selain menjaga kebersihan dan memperhatikan penyimpanan, Anda juga perlu untuk mengerjakan pemeriksaan rompi secara terencana.

Hal tersebut perlu dikerjakan untuk mencari tahu apakah alat keselamatan kerja satu ini masih dapat berfungsi dengan baik.

Simak Juga: Helm Safety

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *